Selasa, 14 Oktober 2014


Pembuatan in-vitro terrarium mempunyai tahapan yang berbeda karena creator harus mempunyai keahlian teknik kultur jaringan tanaman (Bioteknologi Tanaman). Tahapan pembuatannya adalah sebagai berikut:

·         Kultur Embrio Anggrek hybrid

Eksplan yang digunakan yaitu berupa buah hasil dari persilangan yang dilakukan pada induk yang sudah berbunga mekar atau apabila bunga tersebut mengeluarkan aroma wangi d an dilakukan pada pagi hari antara jam 09.00 – 10.00. Sebelum memasuki laminar air flow acbinet (LAFC), buah anggrek dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan tissu yang dibasahi alkohol 96 %. Setelah itu alat-alat diseksi disterilisasi dengan disemprotkan alkohol kemudian dibakar menggunakan api pada bunsen sampai apinya mati dengan sendirinya. Setelah Sterilisasi alat diseksi dan laminar seleai, buah anggrek dicelupkan kedalam alkohol 96 % kemudian dibakar sampai api yang membakar buah terebut mati dengan sendirinya. Buah anggrek kemudian dibelah melintang dan dibelah sejajar sehingga buah dapat dibuka dan terbelah menjadi dua. Benih yang berada pada buah tersebut kemudian di tebar pada media kultur in vitro secara merata. Botol kultur kemudian ditutup rapat dengan menggunkan tutup plastik yang sebelumnya telah dilewatkan pada api. Botol kemudian diberi label yang berisi kode species anggrek, tanggal tanam dan nomor anggrek. Setelah semua pekerjaan selesai, Alat-alat dan enkas dibersihkan menggunakan tisu. Botol hasil tebar kemudian diolesi dengan menggunakan plastik warp kemudian di simpan di ruang inkubasi selama 3 bulan. Proses dari kultur embrio anggrek dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


·         Transplanting pada botol kecil

Planlet satu persatu dipindahkan ke dalam media dalam botol kecil sebanyak 1 planlet perbotol secara teratur, rapi dan usahakan planlet tersebut tertancap pada media. Botol kultur kemudian ditutup yang sebelumnya tutup botol tersebut telah dilewatkan pada api. Tampilan planlet dalam botol kecil tersebut dapat di lihat pada gambar di bawah ini:


·         Pemasangan Ornament (gantungan atau tali kalung)

Pemasangan ornament dilakukan dengan cara membuat lubang pada tutup botol dan memasukan ornament tersebut secara permanen dan minni terrarium anda siap di publish. Pemasangan ornament dapat di lihat pada gambar dibawah ini:



 



Created with Artisteer

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor